Transportasi Tanjungpinang Bintan, Jalur Bus Damri Seicarang-Uban

PortalKepri.com – Tanjungpinang. Transportasi Damri untuk masyarakat Kota Tanjungpinang dan sekitarnya akan dilaksanakan dengan rute baru dari Tanjungpinang ke daerah Pariwisata Lagoi, yang untuk sementara Operasional Dari Terminal Sei Carang (Bintan center) Tanjungpinang – Pelabuhan Tanjung Uban.

“Yang memprakarsai program ini adalah Usulan dari Dinas Perhubungan Kota Bintan dan pengelola Lagoi serta direspon Perum Damri Sebagai Operator seijin Kepala Balai BPTD WIL. IV prov. Riau dan Kepri dan Dishub Prov Kepri,” jelas M. Frengki Willianto, SSTP, M.Si sebagai Kepala Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dishub Provinsi Kepri.

Frengki Willianto, SSTP. M.Si. - Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Provinsi Kepri
Frengki Willianto, SSTP. M.Si. – Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Provinsi Kepri

M. Frengki Willianto, SSTP, M.Si, menerangkan bahwa “dulu namanya Bus Perintis yang mulai dilaksanakan pertama pada 2009, rute terminal Bintan center (Sei Carang) menuju Tanjung Uban melewati jalan Tanjung Uban lama terus naik kapal Roro ke Telaga Punggur, sampai pemberhentian terakhir di diterminal Jodoh Batam.

Setelah itu rute tersebut berubah, dari terminal Sei Carang (Bintan Center) lewat Gesek- Kawal – Berakit menjadi titik terakhir (rute pertama). Terminal sei carang – gesek – lewat jalan uban lama – terminal ( Sri Tri buana) simpang lagoi (rute kedua).”

Gagasan trayek masuk Lagoi tersebut pada awal tahun 2018, direncanakan mulai operasi pada Bulan Mei/juni (tentative) 2018.

“Pada tahap awal Bus yang beroperasi 1 bus dengan frekuensi perjalanan 2 kali dari Terminal Sei Carang dan 2 kali dari Pelabuhan Tanjung Uban. Untuk tipe bus AC seat (tempat duduk) 19 Penumpang. Sehubungan masih tahap uji coba dan masih memakai jalur perintis tarif Rp. 16.000 / Penumpang,” jelas M. Frengki Willianto, SSTP, M.Si.

Jalur Lagoi ini pada kesempatan Pertama/tahab uji coba masih ikut jalur operasional Bus Perintis Jurusan Sei Carang-Tanjung Uban dan seijin Balai BPTD Wil. IV untuk masuk kekawasan Wisata Lagoi. Untuk anggaran operasional masih memakai APBN (subsidi Bus Perintis)

“Untuk kedepanya akan kita evaluasi ulang perihal tarif, layanan, serta kerjasamanya,dan biaya operasionalnya dan berkoordinasi dengan Dishub Kab/Kota Pengelola Lagoy dan Balai BPTD Wil IV serta Dishub Provinsi Kepri,” penjelasan Frengki Kabid LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kepri), menutup wawancara pada hari ini, Jumat, 27 April 2018. (Ogi)

Recommended For You

About the Author: Mr. Ogi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *