Tingkatkan Daya Saing Kepri, Infrastruktur dan SDM Tetap Prioritas

PortalKepri.com

Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan daya saing Kepri akan terus mengalami peningkatan. Dengan semakin tingginya daya saing, maka tingkat kesejahteraan masyarakat semakin tinggi.

“Kita membangun infrastruktur memang dalam upaya semakin meningkatkan kualitas dan daya saing Kepri,” kata Nurdin, saat ditemui di Hotel Harmoni One Batam, Rabu (31/10). Nurdin di Harmoni One sempena membahas rencana kedatangan Cawapres KH Ma’aruf Amin ke Batam.

Nurdin dan Wakil Gubernur H Isdianto tampak melakukan perbincangan membahas banyak hal, termasuk upaya meningkatkan daya saing Kepri. Selain infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia juga menjadi fokus. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang pada tahun 2019 fokus pada pembangunan SDM.

Karena itu, Nurdin berpesan kepada semua OPD agar menjaga bersama-sama fokus dan prioritas pembangunan itu. Semua itu dijaga dari sisi perencanaan, baik dari penganggaran, maupun nantinya dalam implementasi pelaksanaannya.

Dalam membahas RAPBD 2019, Gubernur dan Wagub   terlibat aktif sejak perencanaan. Sepanjang Oktober ini, di sela-sela aktivitas turun ke lapangan dan menemui sejumlah Menteri, Nurdin mengawal pembahasan yang dilakukan oleh tiap OPD.

Ke lapangan, Nurdin memang belanja aspirasi ke masyarakat. Sementara, untuk memperkuat protek strategis pembangunan di Kepri, Nurdin terus berkoordinasi dengan sejumlah Menteri.

Malah, untuk pembangunan Jembatan  Batam Bintan, secara kebijakan pemerintah pusat sudah menyatakan komitmen untuk membangun. Pernyataan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dinyatakan di Batam soal jembatan itu.

Tentang pengembangan SDM,  Nurdin ingin masyarakat Kepri mendapat layanan pendidikan dan kesehatan yang semakin baik. Dalam kunjungan ke pulau-pulau, Nurdin selalu memotivasi anak-anak bahwa mereka banyak yang pintar-pintar.

“Kita harus bersama-sama mewujudkan SDM yang cerdas dan berakhlak baik,” kata Nurdin.

Tentang infrastruktur, kata Nurdin karena akan memicu dan memacu pergerakan ekonomi masyarakat. Pembangunan infrastruktur juga, kata Nurdin membuat konektivitas antar daerah semakin kuat. Konektivitas yang baik juga meningkatkan daya saing Kepri.

“Konektivitas antardaerah, konektivitas hati harus semakin terwujud di Kepri,” kata Nurdin.

Secara terpisah, Ketua DPD PDIP Kepri HM Soerya Respationo mengatakan pihaknya akan mendukung program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai partai yang peduli dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, mantan Wagub Kepri ini akan berpesan kepada wakil rakyat untuk mengawal pembahasan anggaran agar tepat sasaran dan berpihak kepada masyarakat.

“Untuk masyarakat, kita selalu berdiri paling depan. Apalagi sejalan dengan program Presiden Jokowi,” kata Surya.

Dalam pada itu, Wakil Gubernur Isdianto pembangunan inftastruktur juga akan menggerakkan ekonomi lokal. Pihaknya berharap sentra pertumbuhan ekonomi juga merada di tiap daerah di Kepri.

“Kita harus saling menopang dan mendukung untuk mempercepar pembangunan. Semuanya harus bermuara untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Isdianto. (Ade)

Sumber: HumasKepri.id

Recommended For You

About the Author: Portal Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *