Tanggungjawab Facebook dan Twitter atas Konten yang Dipublikasikan

PortalKepri.com – Uber secara resmi merupakan perusahaan transportasi dan bukan layanan digital, pengadilan peradilan Eropa (ECJ) sekarang telah memutuskan (Laporan, 21 Desember), sehingga menganggap tanggung jawab lebih besar atas metode dan kewajiban bisnisnya kepada karyawan dan pelanggan.

Selain menekankan peran penting yang dimainkan oleh ECJ dalam melihat-lihat di luar parochiality nasional, bolehkah saya menyarankan agar prinsip-prinsip sekarang harus diperiksa dalam konteks komunikasi online yang lebih luas.

Tanggungjawab Facebook dan Twitter atas Konten yang DipublikasikanOrang seperti Twitter, Google, Facebook dan YouTube berpendapat dari sudut pandang serupa seperti yang telah dilakukan Uber, yaitu bahwa platform tersebut hanyalah platform belaka, dengan tanggung jawab terbatas atau tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi sebagai akibat aktivitas komersial mereka (menguntungkan).

Jadi ancaman kematian, instruksi pembuatan bom, pesan kasar, sexting, surat kebencian dan sejenisnya dapat diterbitkan dengan kekebalan hukum yang relatif di bawah spanduk “kebebasan internet”.

Menurut saya, organisasi ini adalah penerbit, bukan platform belaka, dan karenanya harus bertanggung jawab lebih besar terhadap konten yang mereka publikasikan. Sama seperti koran dan penyiar.

Ya, mereka mungkin mencari-cari untuk meningkatkan jumlah moderator dan dam untuk menutup pintu yang stabil, tapi itu hanya menggarisbawahi skala masalah.

Jika mereka dan orang lain bertanggung jawab penuh atas konten yang mereka temukan dengan gembira, masalah itu mungkin ditangani dengan jauh lebih efektif, untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan. (Theguardian)

Ian Bartlett
East Molesey, Surrey

Recommended For You

About the Author: redaksi

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *