Siapkan Siswa SMK Masuki Dunia Kerja

PortalKepri.com

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, DR. TS. Arif Fadillah membuka secara resmi Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Provinsi Kepri XVI Tahun 2019,  yang dimulai tanggal 11 – 15 November 2019. Ajang ini diharapkan bisa menjadi salah satu usaha dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja.

“Selain untuk mewujudkan Indonesia Unggul sesuai target kerja Presiden Joko Widodo, ajang ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas anak-anak SMK se Kepri. Bisa lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya,” ujar Arif di Hotel Golden View tempat LKS diselenggarakan.

 Arif berharap anak-anak SMK di Kepri bisa memenuhi standar kopetensi perusahaan  asing maupun lokal yang beroperasi di Kepri. Sehingga sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dan menjadi tujuan investasi, Kepri tidak lagi mendatangkan pekerja dari luar, tetapi telah diisi oleh anak-anak Kepri sendiri.

Selain itu, Arif juga berharap, LKS SMK juga bisa memperkuat kemampuan  siswa SMK dalam menghadapi industri 4.0.

Berkali-kali Arif mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru yang telah mendorong para siswa SMK sehingga bisa tampil percaya diri mengikuti lomba kopetensi di bidang-bidang yang mereka kuasai.

“Terima kasih kami untuk para guru yang telah mendorong siswa-siswa sehingga bisa percaya diri dan berani dalam mengikuti lomba ini. LKS SMK ini sama dengan ruang uji coba bagi penguasaan ilmu-ilmu bagi siswa yang didapatkan selama mengikuti pendidikan,” ungkap Arif.

Kemampuan siswa SMK se Kepei, lanjut Arif sudah luar biasa. Kendati begitu, Arif meminta para guru terus mendorong sisa dan memberikan motivasi secara terus menerus serta jangan cepat merasa puas.

Pemerintah Provinsi Kepri, tegasnya siap membantu untuk setiap kegiatan pendidikan untuk meningkatkan kopetensi para siswa se Kepri.

LKS SMK XVI Tahun 2019 ini diikuti 149 peserta dari seluruh SMK se-Kepri dengan 20 bidang lomba.

Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills dan World Skills International Competition.

Sumber: HumasKepri.id

Recommended For You

Avatar

About the Author: Portal Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *