Pemberontak Tembakkan Mortir dari Zona Netral Suriah

Pemberontak dari NLF berada di dekat area yang akan dijadikan zona netral di Idlib, Suriah, 9 Oktober 2018. (Foto: AFP/OMAR HAJ KADOUR)

Beirut: Sejumlah pemberontak menembakkan mortir dari area yang dijadwalkan akan dijadikan "zona netral" di Suriah barat laut, Minggu 14 Oktober 2018. Kabar disampaikan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR).

Masih dari SOHR, para pemberontak juga disebut belum juga meninggalkan zona tersebut. Padahal jika sudah menjadi zona netral, area tersebut harus bersih dari segala bentuk persenjataan.

"Pemberontak menembakkan beberapa mortir ke arah posisi pasukan (Suriah) di dekat provinsi Hamas. Dua prajurit tewas dalam serangan itu," kata SOHR, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Di bawah perjanjian bulan lalu antara Turki dan Rusia, para pemberontak dan ekstremis harus menarik segala jenis persenjataan berat dari zona netral.

Baca: Rusia dan Turki Sepakat Ciptakan Zona Netral di Idlib

Meski tenggat waktu sudah terlewati pada 10 Oktober lalu, zona netral itu masih belum bersih dari senjata. "Kami belum melihat ada penarikan militan dari semua area yang dijadwalkan akan menjadi zona netral," sebut SOHR.

Seorang koresponden AFP di Idlib juga melaporkan belum ada faksi militan apapun yang memindahkan unit mereka dalam beberapa hari terakhir. Idlib dan sejumlah zona pemberontak di sekelilingnya dikuasai berbagai faksi militan.

source: http://internasional.metrotvnews.com

Recommended For You

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *