Mengapa Tidak Boleh Golput, Ini Penjelasannya

PortalKepri.com – Indonesia merupakan negara Demokratis yang sistem pemerintahannya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena segalanya demi kesejahteraan rakyat maka rakyat jugalah yang akan menentukan dibawa kemana arah sistem pemerintahannya. Untuk menjadikan suatu Negara yang makmur dan sejahtera tentunya di pengaruhi oleh berbagai faktor.

Baik kepala negara maupun pejabat-pejabat lain yang akan memberikan kontribusi kemajuan suatu bangsa. Sistem pemerintahan Indonesia yang menganut sistem demokratis inilah yang menyebabkan rakyat memiliki hak dalam menentukan pemimpinnya. Untuk itulah artikel ini akan menjelaskan sekilas informasi Mengapa Tidah Boleh Golput?

Mengapa Tidak Boleh Golput
Mengapa Tidak Boleh Golput. pic: voa-islam.com

Mengapa Tidak Boleh Golput?

Mungkin istilah mengapa tidak boleh golput sudah tidak terdengar asing di telinga kita. Golput atau golongan putih merupakan suatu istilah atau julukan bagi mereka yang tidak turun serta dalam memberikan hak suaranya. Terjadiya golput ini terkadang dari sikap masyarakat yang kurang peduli dengan siapa pemimpin mereka nantinya.

Selain itu biasanya mereka golput karena menganggap semua pemimpin itu sama saja karena hanya memberikan janji-janji yang sering tidak ditepati. Faktor lain yang biasanya terjadi karena banyak masyarakat yang masih bingung menentukan pilihannya karena tidak begitu mengenal bagaimana pemimpinnya itu. Padahal dalam Pemilihan Umum tentunya setiap satu suara rakyat akan mempengaruhi pengambilan keputusan dalam menentukan siapa pemimpin yang tepat.

Jika ingin Perubahan Janganlah Golput!

Apakah Anda ingin melihat Indonesia semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik? Maka janganlah Golput jika ingin adanya perubahan. Sebenarnya sikap golput itu telah mengabaikan hak dasar sebagai warga negara Indonesia. Setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk bebas memilih dan menentukan partai atau caleg sesuai dengan pilihannya masing-masing.

Hak ini telah dijamin oleh Undang-Undang Dasar. Jika seseorang memutuskan untuk golput maka dia telah mengabaikan hak yang telah diberikan pemerintah. Padahal di zaman orde lama dalam menentukan pemilihan pemimpinnya, masyarakat tidak diberi wewenang untuk menentukan pilihan suaranya. Sehingga anda seringkali mengeluh karena tidak diberi kebebasan dalam mengeluarkan pendapatnya.

Namun setelah di zaman ini masyarakat diberi wewenang untuk meberikan aspirasinya justru memilih golput hal demikian merupakan sikap yang egois. Sikap golput menunjukkan keprbadian seseorang yang pesimis akan perubahan. Bagaimana Indonesia akan maju kearah lebih baik jika masayarakatnya saja bersikap apatis.

Mengapa tidak boleh golput? Jawabannya agar indonesia menjadi bangsa besar, berdaulat dan diakui oleh dunia karena memiliki pemimpin-pemimpin yang mumpuni.

Recommended For You

About the Author: Redaksi PortalKepri

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *