Lucas Sebut Pengadilan Tipikor Tak Berwenang Mengadilinya

Advokat Lucas menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Terdakwa Lucas menilai Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta tidak berwenang mengadilinya. Lucas didakwa dalam perkara merintangi proses penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap petinggi PT Paramount Enterprise International Eddy Sindoro. 

"Pengadilan Tindak Pidana Korupsi tidak berwenang untuk menyidangkan perkara ini karena Pasal 21 Undang-Undang (UU) tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang dituduhkan kepada saya," kata Lucas saat membacakan eksepsi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 14 November 2018.

Menurut dia, Pasal 21 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor yang didakwakan kepadanya bukan termasuk delik pidana korupsi. Pasal itu, kata dia, berada dalam Bab III UU Tipikor soal tindak pidana lain, sedangkan pidana korupsi yang menjadi domain KPK diatur secara tegas pada Bab II.

Selain itu, kata dia, proses peradilan ini tidak termasuk lingkup kewenangan yang diatur secara tegas dalam Pasal 6 UU Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tipikor. Untuk itu, ia memohon agar majelis hakim menghentikan proses penuntutannya.

Dia berharap dua hal ini dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi majelis hakim menghentikan pemeriksaan dan persidangan perkaranya. Ia juga berharap agar majelis memerintahkan jaksa untuk segera mengeluarkannya dari tahanan.

"Semata-mata demi keadilan dan penegakan hukum yang tidak melanggar hukum," tegas dia.

Baca: Lucas Mengaku Tak Kenal Sejumlah Nama di Surat Dakwaan

Tidak hanya itu, menurut Lucas, perkara ini telah merugikan dirinya dan keluarga. Dengan persidangan di Pengadilan Tipikor, ia disamakan dengan koruptor lainnya.

"Saya dipersamakan dengan koruptor yang menyalahgunakan jabatan untuk merugikan keuangan negara, yang melakukan penyuapan, yang memberi atau menerima gratifikasi. Padahal saya tidak melakukan itu semua," lanjut dia.

Lucas sebelumnya didakwa merintangi penyidikan KPK dalam kasus yang menjerat Eddy Sindoro. Dia diancam Pasal 21 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber: http://metrotvnews.com

Recommended For You

About the Author: Portal Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *