Kisah Sukses Chris Mittelstaedt – FruitGuys

PortalKepri.com – Chris Mittelsteadt adalah pemilik The FruitGuys, sebuah perusahaan di San Fransisko Selatan, California yang memasok buah segar berkualitas tinggi ke lebih dari 3000 bisnis di seluruh Amerika Serikat. Sekarang, bisnisnya sudah menjadi bisnis jutaan dolar dan ia telah mencapai kesuksesan pada usia 41 tahun. Namun jangan hanya melihat enaknya sekarang.

Perjuangan Chris sungguh keras. Ketika krisis dotcom meledak, kris berhutang sebesar US$50.000 sebagai akibat dari kerugian yang diderita oleh perusahaan online-nya. Chris juga mempunyai utang pribadi sebesar US$100.000. Kemudian, ia melakukan restrukrisasi bisnis dengan menagakkan kebijakan kredit ketat dan menekan biaya serta menggabungkan biaya variable agar lebih rendah.

Kisah Sukses Chris Mittelstaedt - FruitGuys
Kisah Sukses Chris Mittelstaedt. pic: fruitguys.com

“Gagal, Utang, dan kerja 18 Jam Sehari Dilaluinya Sebelum Meraih Sukses”

Sebelum memulai bisnisnya, Chris bekerja di perusahaan lain dengan gaji hanya US$9,5 per jamnya. Padahal, pada saat itu, istrinya sedang hamil. Oleh karena penghasilan dirasa kurang, Chris pun mulai berbisnis buah segar secara Online dengan system pesan antar di San Fransisco. Ia mencurahkan segenap hati dan jiwanya kedalam bisnis agar usahnya berkembang. Kerja kerasnya terbayar dan perusahaan tumbuh dengan keuntungan yang baik.

Tahun 2000 terjadi krisis dotcom di Amerika. Krisis ini menyebabkan bisnis Chris memiliki banyak hutang. Krisis dotcom disebabkan banyaknya investor  yang masuk pada bisnis internet yang menjanjikan keuntungan besar. Banyaknya investor inilah yang menyebabkan harga saham berbagai perusahaan dotcom naik secara drastis dan membuat pemilik tiba-tiba menjadi miliuner. Kenaikan saham ini diikuti juga dengan pengeluaran perusahaan yang tinggi sehingga pada saat harga saham jatuh, perusahaanpun merugi.

Dalam menghadapi krisis, Chris ingat ajaran ayahnya. Chris diajarkan akan pentingnya mencari indikasi (tanda-tanda) awal dari setiap jenis masalah pada saat terbang (karena ayahnya seorang pilot) lalu mencari solusi agar kerugian financial. Chris malah berpikir untuk memperluas bisnisnya keseluruh Amerika Serikat. Krisisnya telah membantu dia untuk bangkrut.

Chris Mittelstaedt berhasil karena ketekunannya. Meskipun bekerja berjam-jam hingga 18 jam per hari dan melakukan pekerjaan fisik berat, ia tidak pernah menyerah dan yakin akan mimpinya sehingga perusahaannya menjadi besar. Ia juga menyarankan bagi pengusaha lain agar tidak menyerah pada visi mereka sampai mereka melihat impian mereka terpenuhi.

Kisah Sukses Chris Mittelstaedt – FruitGuys

Chris Mittelstaedt mendirikan The FruitGuys pada tahun 1998. Gagasan tersebut muncul sebagai respon terhadap keluhan berat badan dan kelesuan dari rekan-rekan Mittelstaedt di perusahaan dotcom. Mereka terlalu banyak mengonsumsi minuman dan makanan ringan dalam menghadapi pekerjaan di kantor.

Mittelstaedt percaya ia bisa meningkatkan upaya kesehatan di tempat kerja dengan memberikan produk segar kepada rekan-rekannya. Dari lingkungan kerja, kemudian Chris mengembangkan usahanya dengan mulai mempromosikan produknya di kota San Fransisco.

Mittelstaedt juga membuat penampilan kemasan buah segarnya unik sehingga konsumen sangat terkesan. Selain itu, pengantar buah juga menyebarkan pesan lebih lanjut tentang kebiasaan makan yang sehat kepada konsumen.

Popularitas Chris dikaitkan dengan program kesehatan pekerja dan dukungan terhadap petani lokal dan makanan organic. Chris bekerja sama dengan petani buah di setiap daerah. Program kesehatan yang dilakukannya tidak hanya penyedia buah segar, tetapi penggunaan kemasan yang ramah lingkungan.

Semua kotak kemasan terbuat dari 75 – 100% kardus daur ulang, dicetak dengan tinta berbasis kedelai , dan dapat digunakan kembali sampai empat kali. Dengan demikian, FruitGuys tidak hanya mendukung pertanian lokal, tetapi juga mengurangi emisi berbahaya.

Kerja keras Mittelstaedt membuahkan hasil, FruitGuys dianggap sebagai pionir dibidangnya, walau telah banyak lahir  pesaing. Perusahaan Chris bisa berkembang juga disebabkan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesahatan, di mana masyarakat memilih makan sehat  dari pada mengonsumsi makanan cepat saji.

Pada tahun 2008 dan 2009, The FruitGuys telah diakui sebagai salah satu dari 5.000 perusahaan paling cepat berkembang di Amerika Serikat. Omzetnya pun multi – juta dolar, jumlah pekerja dari 2 orang menjadi 35 orang.

Pada bulan April 2008, FruitGuys meluncurkan program Steward Farm untuk mendukung petani kecil. FruitGuys menyumbang empat sarang dengan 48.000 lebah madu untuk sebuah peternakan California Sabastopol. Tujuan program ini adalah untuk mencegah hilangnya lebah madu secara nasional dan melestarikannya.

Pada Program lainnya, FruitGuys menawarkan buah tanpa biaya kepada pengusaha perempuan muda di Bayview-Hunters Point, sebuah daerah berpenghasilan rendah di area Bay. Selanjutnya, wanita itu menjual buah dengan harga murah kepada keluarga di lingkungan tersebut. Selain proyek-proyek ini, perusahaan menyumbang lebih dari 80.000 buah segar per tahun (lebih dari 7000 sebulan) untuk kelompok non-profit dan yayasan di Amerika Serikat, seperti St. Anthony’s Foundation.

The FruitGuys kini berkantor pusat di Selatan San Fransisco, CA. perusahaan ini menyuplai buah segar lebih dari 3.000 bisnis di seluruh Amerika Serikat, ketering di perusahaan besar dan usaha kecil, seperti Yahoo!, Wells Fargo, dan Yamaha. Perusahaan juga memilik jaringan di East Coast di Philadelphia, PA, dan jaringan di Midwest di Chicago, IL. (Red)

Recommended For You

About the Author: Redaksi PortalKepri

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *