Kepulauan Anambas Terkenal dengan Objek Wisata Exsotis

PortalKepri.com – Sebenarnya hampir semua pulau yang ada di Gugusan Kepulauan Anambas memiliki keindahan dengan ciri khasnya tersendiri, namun beberapa objek wisata Anambas di bawah ini adalah yang paling populer dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Bawah

Jika Bengkulu punya Pulau Enggano, maka Anambas punya Pulau Bawah. Inilah primadona di Anambas. Pulau Bawah adalah pulau yang menjadikan Anambas mendapatkan predikat sebagai pulau tropis terindah se- Asia.

Pulau Bawah terletak di Kecamatan Siantan Selatan, membutuhkan waktu 3 jam perjalanan dari Tarempa untuk sampai ke pulau ini

Banyak yang merekomendasikan Pulau Bawah sebagai surganya bagi para pecinta wisata bawah laut dan snorkeling. Dikalangan wisatawan asing Pulau Bawah sudah sangat terkenal, hal ini bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang datang dari luar negeri dibandingkan dari Indonesia sendiri.

Laguna yang terbentuk oleh bentang alam gugusan Pulau Bawah adalah view tercantik yang disuguhkan oleh pulau ini. Banyak yang sudah mengakui bahwa Pulau Bawah adalah pulau yang pantas untuk mendapat predikat pulau tropis terindah se- Asia.
Pulau Bawah menjadi top list destinasi wisata di Anambas yang wajib untuk di kunjungi.

Pulau Durai

Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pulau Durai juga disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan Pulau Penyu. Hal ini disebabkan karena pulau ini merupakan habitat alami bagi kehidupan spesies Penyu Belimbing dan Penyu Sisik.

Kita bisa menyaksikan langsung penyu-penyu bermain disepanjang pantai Pulau Durai yang memiliki pasir putih yang halus. Ini adalah salah satu daya tarik andalan yang dimiliki pulau ini.

Air Terjun Temburun

Di Anambas terdapat beberapa objek wisata air terjun yang juga menjadi incaran para wisatawan. Salah satu air terjun yang populer adalah air terjun tujuh tingkat yang berada di Kecamatan Siantan Timur.

Perjalanan ke Air Terjun Temburun dapat di tempuh dari Kota Tarempa dengan menggunakan pompong. Perjalanan memakan waktu kurang lebih selama 30 menit.

Setelah menepi di dermaga Desa Temburun, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit menuju lokasi air terjun. Untuk sampai di lokasi kita juga harus menaiki 50 anak tangga di jalan menapak yang cukup terjal.

Setelah sampai di lokasi, kita akan disuguhkan pemandangan air terjun dengan tujuh tingkatan. Riak air yang turun dari atas tebing menhasilkan buih putih yang amat banyak, meliuk-liuk diantara bebatuan bewarna cokelat.

Jika memandang ke arah jatuhnya air, kita akan mendapati pemandangan laut biru dengan gugusan pulau-pulau yang terlihat dari kejauhan.

Seolah melihat lukisan alam di atas kanvas raksasa yang amat mempesona, itulah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan pemandangan yang terlihat dari atas tempat ini.

Pulau Penjalin

Pulau Penjalin terletak di Kecamatan Palmatak. Untuk bisa sampai ke pulau ini kita harus menyewa speed boat dari Kota Tarempa. Perjalanan menuju Pulau Penjalin memakan waktu sekitar 1-2 jam.

Pulau penjalin menyuguhkan pemandangan eksotis yang luar biasa. Pasir pantainya putih dengan batu-batu karang raksasa berjajar di sepanjang pantai.

Di tengah pulau terbentang pepohonan yang rimbun dan hijau. Tujuh pualu kecil yang berdekatan mengelilingi Pulau Penjalin menjadikan masyarakat lokal menamai pulau ini dengan sebutan Pulau Tujuh.

Karena keesotisannya, Pulau Penjalin pernah menjadi salah satu lokasi syuting Film The Beach yang di bintangi oleh Leonardo Di Caprio. Pulau ini adalah salah satu pulau paling diminati di Anambas.

Bagi para pecinta snorkeling, Pulau Penjalin juga menyimpan keindahan bawah laut yang wajib untuk diselami. Ekosistem terumbu karang yang masih alami meyimpan berbagai biota laut dan ikan bewarna-warni akan memanjakan mata yang melihatnya, serasa ingin berlama-lama menyelam dan enggan untuk naik lagi.

Pulau Penjalin sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi taman laut. Oleh karena itu semua aktivitas eksploitasi dalam bentuk apapun dilarang untuk dilakukan di Pulau Ini.

Pulau Ayam

Mendengar namanya, orang akan berpikir kalau di pulau ini dihuni oleh banyak ayam. Tapi ternyata bukan, pulau ini diberi nama Pulau Ayam konon karena bentuknya yang terlihat dari jauh seperti ayam.

Pulau Ayam terletak di Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas. Untuk mencapai pulau ini kita bisa menggunakan speed boat atau yang dalam bahasa lokal disebut dengan pompong. Tarifnya berkisar antara 500-700 ribu rupiah.

Pulau ayam juga memiliki pantai yang eksotis, pasir putih landai dengan pagar pohon nyiur yang menambah sempurna suasana di Pantai Pulau Ayam. Cocok sekali untuk bersantai menggelapkan kulit.

Jika ingin berenang dan snorkeling, Pulau Ayam juga memiliki alam bawah laut yang masih sangat alami dan terjaga. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil di pulau ini sudah menunggu lama untuk disapa.

Makam Tua Gan Bang Tong

Selain wisata bahari dengan pemandangan yang super duper indah, ternyata di Anambas juga menyimpan tempat bersejarah. Salah satunya adalah makam tua yang ada di Tarempa.

Gan Ban Tong adalah seorang saudagar yang menjual hasil bumi dari Tarempa seperti karet dan kopra. Pada masa kolonial Belanda, ini adalah komoditas andalan di Tarempa. Gan Ban Tong menjual komoditi dari Tarempa ini hingga ke berbagai daerah termasuk Singapura.

Di Tarempa juga terdapat sebuah tugu dengan tulisan Cina. Ini adalah tugu bersejarah untuk memperingati hancurnya Kota Tarempa akibat serangan pesawat Jepang pada Perang Asia tahun 1941.

Tips Berkunjung Ke Anambas

  1. Waktu yang paling bagus untuk berwisata ke Pulau Anambas adalah pada musim panas sekitar bulan April. Karena jika pada bulan-bulan musim hujan akan menyulitkan untuk melakukan perjalanan dengan kapal karena kondisi laut yang tidak menentu.
  2. Siapkan budget yang tebal, karena untuk menjelajahi pulau-pulau yang ada di Anambas harus menyewa speed boat dengan tarif yang lumayan menguras kantong
  3. Leave nothing but picture and footprint. Jadilah traveler bijak yang selalu menjaga kelestarian alam.

(wisatalova.com)

Recommended For You

About the Author: Redaksi PortalKepri

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *