Kepala Kesbangpol Kepri Bicara Netralitas TNI di Kampus Stisipol Raja Alihaji

PortalKepri.com – Tanjungpinang. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Riau  Ir. Lamidi, MM didaulat menjadi pembicara di kampus Sekolah Tinggi Ilmu  Sosial Dan Politik (Stisipol) Raja Ali Haji, materi yang disampaikan  tentang Netralitas TNI. Kamis (30/8) di aula kampus.

Kepala Kesbangpol Kepri Bicara Netralitas TNI
Kepala Kesbangpol Kepri Bicara Netralitas TNI

Dikatakan Lamidi, TNI tugasnya menjaga keamanan jadi jika ia masuk keranah politik praktis akan terjadi kegaduhan antara sipil dan militer. Makanya, TNI harus netral tidak memihak kontestan apapun yang ikut dalam pemilu. Netral artinya adalah adalah tidak berpihak, tidak ikut atau tidsk membantu Salah satu pihak.

Pemberian Piagam Penghargaan

TNI bersikap netral dalsm kehidupan politik dan tidak  melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis,ungkap mantan Sekda Kabupaten Bintan ini. Hal ini diperkuat surat telegram panglima TNI no. STR/546/2006 tgl 22 agustus 2006: prajurit TNI yang akan mengikuti pemilu dan pilkada harus  membuat pernyataan mengundurkan diri dr Dinas aktif /pensiun sebelumnya tahap pelaksanaan pemilu dan pilkada.

Kaban Kesbangpok Kepri, Lamidi Bagi-bagi Buku

Kaban Kesbangpol dalam  penyampaiannya lebih menitikberatkan pada UU No.34 tahun 2004 tentang TNI. Tampilnya Lamidi dihadapan civitas akademika Stisipol Raja Ali Haji.merupakan kegiatan komunikasi Politik TNI AL tahun 2018 disejalankan dengan sidang senat terbuka penerimaan mahasiswa baru kampus Stisipol.

Kegiatan mengambil tema ” :Melalui komsos TNI Kita pelihara Netralitas Dan kemanunggalan dengan rakyat untuk mewujudkan TNI yang siap melaksanakan tugas”

Acara di buka Hendri Senopaka, MPM selalu Ketua Stisipol RA Tanjungpinang. Selain Kaban Kesbangpol Prov.Kepri selaku pemberi Materi Netralitas TNI, juga pemateri lainnya Aspotmar Danlantamal IV ttg Bela Negara Dan Kadiskum Lantamal IV tentang Hukum Laut.

Penyerahan Cindra Mata

Dalam Sambutannya Komandan Lantamal IV Tpi yang dibacakan oleh Kolonel laut Dian Teguh yang lebih menekankan isu2 kemaritiman disamping itu juga mengingat 2018 adalah tahun politik make perlu penjelasan tentang gposisi TNI dalam Pemilu 2019.

Diakhir acara Lamidi yang juga ikut  pendiri Kampus Stisipol Raja Ali Haji ini memberikan cendramata kepada 5 orang mahasiswa atas pertanyaan yang diberikan pada mahasiswa baru saat memberikan materinya. Acara diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan piagam penghargaan kepada narasumber.

Penulis : Sugiarto Doso,Sos

Recommended For You

About the Author: Redaksi PortalKepri

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *