4 Kelebihan Kekurangan Pendidikan Formal dan Non Formal

PortalKepri.com –¬†Pendidikan non formal adalah suatu pendidikan yang dilakukan ataupun dilaksanakan di luar pendidikan formal (sekolahan). Di Indonesia sendiri pendidikan non formal tidak asing lagi dan sudah banyak masyarakat yang memilihnya. Tapi apakah anda tahu kelebihan dan kekurangan pendidikan non formal itu apa saja? jika belum tahu, berikut ini penjelasan mengenai pembahasan tersebut, mari kita simak dan renungkan penjelasan singkat dibawah ini.

Kelebihan Kekurangan Pendidikan Formal dan Non Formal
Pendidikan Non Formal. image by www.education.pa.gov

Kelebihan Pendidikan Non Formal

1.Biaya Lebih Murah

Kelebihan pendidikan non formal pertama yaitu terletak pada masalah biaya. Jika dibandingkan dengan pendidikan formal, pendidikan non formal sendiri soal biaya pendidikannya lebih murah.

2.Lebih Berguna Dalam Kebutuhan Masyarakat

Kelebihan lain dari pendidikan non formal adalah pendidikan yang dipelajari lebih berguna dan bermanfaat dalam kebutuhan masyarakat.

3.Bersifat Fleksibel

Selain itu kelebihan lain dari pendidikan non formal sendiri yaitu bersifat fleksibel. Jadi dalam pendidikan non formal kita bisa mengatur ataupun mengganti jam mata pelajaran ketika kita tidak bisa datang.

4.Menyesuaikan Perkembangan Lingkungan

Kelebihan pendidikannon formal yang terakhir adalah pendidikannya selalu dan dapat menyesuaikan perkembangan lingkungan

Kekurangan Pendidikan Non Formal

1. Kurangnya Koordinasi

Kekurangan dari pendidikan non formal yang pertama adalah koordinasinya kurang. Sebab, dalam pendidikan non formal biasanya siswa atau peserta didiknya lebih sedikit dibandingkan dengan pendidikan formal

2. Kurangnya Tenaga Pendidik Professional

Pada umumnya jika didalam pendidikan formal semua tenaga pendidik atau gurunya profesional. Akan tetapi jika dalam pendidikan non formal sendiri tidak semua pendidik ataupun guru sudah profesional

3. Kurangnya Motivasi Peserta Didik

Pada saat kita belajar di sekolah atau pendidikan formal pasti kita selalu diberikan motivasi agar saat lulus bisa dapat nilai bagus. Sedangkan dalam pendidikan non formal sendiri motivasi-motivasi tersebut jarang kita temukan.

4. Kelulusannya Dianggap Lebih Rendah

Saat lulus ataupun selesai melaksanakan pendidikan, biasanya pendidikan non formal sering dianggap kelulusannya lebih rendah dibandingkan dengan pendidikan formal.

Kesimpulan

Jika melihat informasi diatas mengenai kelebihan dan kekurangan pendidikan non formal bisa disimpulkan bahwa setiap pendidikanmempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sama halnya dengan pendidikan pada non formal. Akan tetapi pada intinya semua pendidikan mempunyai tujuan agar setiap siswa ataupun anak didiknya menjadi lebih baik. (Tim Redaksi)

Recommended For You

About the Author: Redaksi PortalKepri

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *