Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013 dibandingkan KTSP

PortalKepri.com – Pendidikan adalah salah satu faktor utama dalam mewujudkan kepribadian orang ataupun masyarakat yang berkualitas. maka dari itu, pemerintah Indonesia sendiri selalu berusaha dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. Terbukti dalam beberapa tahun kemarin pemerintah mengganti kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013. Tapi apakah ada keistimewaan dari perbedaan kurikulum 2013 dibandingkan dengan KTSP?

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013 dibandingkan KTSP
Kurikulum Pendidikan. image by i.dawn.com

Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang saatinidigunakanolehpemerintahdalam proses pendidikan di Sekolah. Dengan dibuatnya kurikulum 2013 ini bertujuan untuk memperbaiki struktur kurikulum KTSP. Akan tetapi pada kenyataannya kurikulum 2013 mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya.

Kelebihan dari kurikulum 2013 adalah kurikulumnya lebih menekankan atau terletak kepada pendidikan karakternya saja. Dengan menekankan pendidikan karakter bertujuan agar siswa lebih kreatif dan juga lebih inovatif. Selain bertujuan agar kreatif dan inovatif, pendidikan karakter tersebut juga bertujuan agar nantinya terintergrasi menjadi satu. Misalnya, dalam pendidikan budi pekerti luhur dan karakter harus selalu diintergrasikan ke dalam semua progam studi.

Sedangkan kekurangan dari kurikulum 2013 adalah semua guru dan siswa dianggap mempunyai kapasitas yang sama. Bahkan Guru sendiri juga tidak pernah dilibatkan langsung di dalam pengembangan kurikulum 2013. Padalah kita sendiri tahu, jika seorang guru sejatinya kapasitasnya lebih tinggidibandingkan dengan seorang siswa.

Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum KTSP

Kurikulum KTSP adalah sebuah kurikulum penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2004 atau sering disebut dengan KBK. Secara umumnya KTSP sendiri bertujuan untuk memberdayakan dan memandirikan suatu pendidikan melalui pemberian kewenangan kepada pihak lembaga pendidikan (sekolah). Akan tetapi kurikulum KTSP sendiri juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan kurikulum KTSPadalah menekankan terwujudnya suatu otonomi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikannya. Dengan begitu para guru dan jajarannya dapat meningkatkan kreativitasnyadalam menyelenggarakan semua program pendidikan atau program studi. Selain itu kurikulum KTSP juga mengurangi beban belajar dari siswa.

Sedangkan kekurangan dari kurikulum KTSP adalah kurangnya SDM dalam menjabarkan KTSP dan, kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana. Selain itu juga masih banyak para guru yang belum memahami penuh kurikulum KTSP. Bahkan dalam penerapan kurikulum KTSP juga merekomendasikan pengurangan jam pelajaran yang berdampak kurangnya pendapatan dari pengajar (guru)

Kesimpuan

Jika melihat informasi diatas mengenai kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dibandingkan dengan KTSP adalah sejatinya kedua kurikulum tersebut sama. Intinya kedua kurikulum tersebut bertujuan untuk memperbaiki kurikulum pendidikan dari sebelumnya.  (Tim Redaksi)

Recommended For You

About the Author: redaksi

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *