Kecamatan Tanjungpinang Timur Juara Umum MTQ XII tingkat Kota Tanjungpinang

PortalKepri.com – Kecamatan Tanjungpinang Timur keluar sebagai juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – 12 tingkat Kota Tanjungpinang, yang digelar sejak 18 – 23 April 2018, di Terminal Sungai Carang, Bintan Center Tanjungpinang.

Dalam ajang kompetisi di bidang Al-Qur’an ini, Kecamatan Tanjungpinang Timur meraih juara umum dengan perolehan nilai 83. Secara resmi, piala bergilir Wali Kota Tanjungpinang diserahkan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM kepada Sekretaris Camat Tanjungpinang Timur.

Penjabat Wali Kota, Raja Ariza mengatakan pelaksanaan MTQ bukan hanya ajang perlombaan dan kompetisi melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, tetapi merupakan wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah,
hafalan serta pendalaman isi Al-Qur’an. Namun, yang paling penting bagaimana mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Ada sesuatu yang tak kalah pentingnya dari ajang tahunan ini yaitu proses regenerasi, tidak hanya bagaimana membaca dan menghafal Al-Qur’an, tetapi juga harus memahami isi kandungannya, sehingga nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Qur’an itu bisa diinternalisasi dalam keseharian”, katanya

Melalui MTQ ini, dirinya berharap dapat melahirkan Qori, Qoriah, Hafidz, Hafidzoh, serta Mufassir, Mufassirah sebagai duta-duta terbaik di cabang-cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ke – 7 tingkat Provinsi Kepri yang nantinya akan dilaksanakan di Kabupaten Lingga.

“Kepada para juara saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih, semoga prestasi ini dapat terus dikembangkan. Dan bagi yang belum mendapatkan juara, jangan berkecil hati, jadikan kegagalan kali ini sebagai cambuk untuk meningkatkan prestasi yang lebih baik dimasa mendatang”, ujarnya

Sebelum menutup sambutannya, tidak lupa Penjabat Wali Kota menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan MTQ ke -12 tahun ini.

“Terimakasih kepada Ketua DPRD, LPTQ, unsur pimpinan FKPD, dan semua pihak yang ikut serta mensukseskan pelaksanaan MTQ di Kota Tanjungpinang”, ucapnya seraya mengucapkan Alhamdullillahirrabbil ‘alamin tanda resminya MTQ ke- 12 ditutup.

Sementara itu, selama berlangsungnya MTQ ini, ekonomi kerakyatan mendadak terdongkrak. Ini terlihat dari omset penjualan yang diperoleh peserta MTQ bazar expo. Dari 47 stand bazar, yang terdiri dari Kecamatan, UKM, Perbankan ditambah 26 lapak pedagang kaki lima (PKL), transaksi penjualan selama enam hari pelaksanaan meraup keuntungan yang
luar biasa dari berbagai dagangan yang dijual, seperti makanan, minuman, pakaian, tanjak, kerajinan, tabungan dan beberapa penjualan produk perbankan.

“Selama enam hari pelaksanaan MTQ, total keseluruhan transaksi jual beli yang diperoleh dari puluhan stand bazar ditambah 26 lapak PKL sebesar Rp. 497.400.000 “, jelas Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, saat membacakan laporan hasil pelaksanaan MTQ ke-12.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ di Kota Tanjungpinang, selain untuk membudayakan membaca Al-Quran serta mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam perilaku sehari-hari. Bazar MTQ juga mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kota Tanjungpinang.

” Keberadaan bazar MTQ dan lapak-lapak pedagang kaki lima menjadi peluang peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Kota ini. Para pelaku UKM dan pedagang dapat menjual barang dagangan mereka di kawasan bazar MTQ setiap harinya “, ucap Sekda.

Untuk pemenang stand bazar terbaik pada MTQ ke-12 Kota Tanjungpinang diraih oleh juara satu Kecamatan Tanjungpinang Kota. Juara dua Kecamatan Bukit Bestari. Juara tiga Kecamatan Tanjungpinang Barat, dan juara harapan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Sedangkan peraih juara pawai taa’ruf terbaik diraih oleh Kecamatan Tanjungpinang Kota, juara dua Kecamatan Tanjungpinang Barat, juara tiga Kecamatan Tanjungpinang Timur, dan juara harapan Kecamatan Bukit Bestari.

Penutupan MTQ tersebut turut dihadiri unsur pimpinan FKPD, Kepala Kemenang, sejumlah pejabat Pemko Tanjungpinang, tokoh agama, serta masyarakat.***

Recommended For You

About the Author: redaksi

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *