Inilah 7 Cara Menghindari Begal Motor

PortalKepri.com – Intensitas kejahatan dalam beberapa tahun terakhir ini memang semakin tinggi. Hal itu tentu membuat masyarakat menjadi resah dan gelisah. Salah satu jenis kejahatan yang sedang marak terjadi adalah begal motor. Aksi begal motor kini semakin merajalela, bahkan ada yang tegal hingga membunuh korbannya. Sangat mengerikan, bukan?

Padahal polisi sudah melakukan berbagai cara untuk menumpas keberadaan begal motor. Sebagai masyarakat, kita tidak boleh hanya mengandalkan polisi saja. Masyarakat yang cerdas harus mengetahui berbagai cara untuk menghindari begal motor. Bagaimanakah cara menghindari begal motor? Berikut ini beberapa ulasannya.

Inilah 7 Cara Menghindari Begal Motor
Cara Menghindari Begal Motor. pic: netralnews.com

Aksi keji dari para pembegal kini memang semakin merajalela. Aksi pembegalan motor kini bahkan tidak pandang bulu. Fenomena ini tentunya menyebabkan keresahan di kalangan masyarakat. Sebenarnya aksi pembegalan tidaka kan terjadi jika kita tidak memberikan kesempatan. Oleh karena itu, perlu adanya beberapa cara pencegahan.

Inilah 7 Cara Menghindari Begal Motor

1. Mengenali Medan Yang Akan Ditempuh Dalam Perjalanan

Sebelum anda memutuskan untuk berkendara, sebaiknya kenalilah medan yang akan dilalui. Anda harus mengetahui betul daerah – daerah yang sepi dan rawan terhadap tindak kejahatan. Jika anda masih awam atau baru pertama kali melewati daerah tersebut, sebaiknya memilih jalan yang ramai dengan lalu lalang kendaraan.

2. Meningkatkan Kemampuan Mengendarai Sepeda Motor

Ada baiknya anda memiliki keterampilan tinggi dalam mengendarai sepeda motor. Jika anda memiliki keseimbangan yang bagus dalam berkendara, maka para pembegal akan berpikir berkali – kali untuk melakukan kejahatan.

3. Membekali Dengan Kemampuan Bela Diri

Memiliki bekal kemampuan bela diri merupakan salah satu cara menghindari begal motor yang sangat penting.

4. Memiliki Dua Buah Kaca Spion Yang Standar

Kaca spion sangat penting agar anda dapat melihat siapa saja yang mendekati dan memantau kendaraan. Biasanya para pelaku begal akan memantau dan mengikuti targetnya terlebih dahulu.

5. Memakai Alat Keamanan Berkendara Secara Lengkap

Sebaiknya anda menggunakan perlengkapan berkendara dengan lengkap, seperti helm standar, body protector, sepatu hingga jaket. Masing – masing perlengkapan tersebut akan membuat anda terlihat profesional dalam berkendara dan menjaga keamanan ketika cidera.

6. Tidak Menyimpan Barang Berharga Di Dalam Motor

Pastikan bahwa seluruh barang – barang berhaga berada di sauku atau tas yang anda bawa, termasuk surat – surat motor.

7. Jangan Keluar Rumah Antara Jam 23.00 – 04.00

Urungkanlah niat anda untuk bepergian ke luar rumah pada jam 23.00 hingga pukul 04.00 karena sangat rawan dengan tindak kejahatan. (Red)

Recommended For You

About the Author: Redaksi PortalKepri

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *