Eni Saragih Kembalikan Lagi Rp500 Juta ke KPK

Tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-I Eni Maulani Saragih – Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Tersangka kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-I Eni Maulani Saragih mulai menyicil pengembalian uang suap yang diterima. Eni mengembalikan Rp500 juta hari ini. 

"Hari ini Bu Eni memenuhi janjinya melakukan cicilan pengembalian tahap kedua sebesar Rp500 juta kepada KPK," ujar pengacara Eni, Fadli Nasution saat dikonfirmasi, Jumat, 28 September 2018.

Pengembalian uang ini merupakan bentuk sikap kooperatif Eni dalam menjalani proses hukum. Sebelumnya, pada Agustus 2018, Eni juga sudah mengembalikan uang Rp500 juta, sehingga total uang yang dikembalikan Eni ke KPK Rp1 miliar.

Dalam kasus ini, Eni diduga kuat telah menerima hadiah atau janji dari bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo (JBK). Eni diduga menerima uang sebesar Rp6,25 miliar untuk memuluskan Blakcgold sebagai penggarap proyek milik PLN tersebut.

Penyerahan uang ke Eni dilakukan secara bertahap dengan rincian, pemberian pertama pada November-Desember 2017 sekitar Rp4 miliar. Kedua, pada Maret-Juni 2018‎ sekitar Rp2,25 miliar.

Dalam kasus ini KPK baru menetapkan tiga orang tersangka. Ketiganya yakni Wakil Ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih, Eks Menteri Sosial Idrus Marham, dan bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo (JBK). 

(Baca juga: KPK Dalami Pertemuan Eni dengan Airlangga)

Sumber: http://metrotvnews.com

Recommended For You

About the Author: Portal Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *