Dianggap Rasis, Universitas Ghana Copot Patung Mahatma Gandhi

Patung Mahatma Gandhi dicopot dari Universitas Ghana. (Foto: EMMANUEL DZIVENU/JOYNEWS)

Accra: Patung Mahatma Gandhi dicopot dari Universitas Ghana setelah mendapat protes dari para dosen dan mahasiswanya. Mereka menganggap Gandhi rasis karena pernah menyebut orang Afrika dari kalangan bawah.

Patung tersebut diresmikan pada dua tahun lalu. Sejak Selasa pekan ini, patung Gandhi sudah tidak ada di halaman utama kampus tersebut.

Dilansir dari Guardian, Jumat 14 Desember 2018, para lulusan Universitas Ghana menyebut Gandhi bersama Martin Luther King Jr, memiliki pandangan rendah terhadap komunitas asli Afrika Selatan.

Sebuah buku terbitan tahun 2015 yang ditulis dua orang asal Afrika Selatan menyebutkan, Gandhi mengeluh bahwa orang India dipaksa menggunakan pintu masuk yang berbeda dari orang Afrika.

"Tentang pencampuran orang-orang kafir (sebutan untuk warga Afrika) dan orang India, saya merasa bahwa India sangat kuat," tulis Gandhi dalam sebuah surat tahun1904, menurut temuan para penulis. 

Sejumlah mahasiswa bersorak ketika pihak universitas memutuskan untuk memindahkan patung Gandhi. "Ini adalah kemenangan besar bagi semua orang Ghana karena patung itu akan terus mengingatkan betapa rendahnya derajat kita," ujar seorang mahasiswa bernama Benjamin Mensah.

Awalnya, patung tersebut diletakkan di Universitas Ghana untuk sementara waktu dan rencananya akan direlokasi sebagai wujud persahabatan kuat dengan India. Namun, hingga dua tahun berjalan, patung tersebut belum juga direlokasi. 

source: http://internasional.metrotvnews.com

Recommended For You

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *