4 Cara Mengetahui Perbedaan Hukum Pidana dan Perdata

PortalKepri.com – Pada umumnya hukum di negara kita Indonesia sendiri ini di bagi menjadi dua, yaitu hukum pidana dan hukum perdata. akan tetapi masih banyak orang ataupun masyarakat di Indonesia mengenai perbedaan hukum pidana dan perdata tersebut. Perlu kamu ketahui, perbedaan dari hukum pidana dengan hukum perdata sendiri bisa dilihat dari berbagai macam aspek. Mulai dari pengertian, pelaksanaan, isi sampai dengan cara menafsirkannya.

Cara Mengetahui Perbedaan Hukum Pidana dan Perdata
Cara Mengetahui Perbedaan Hukum Pidana dan Perdata. Pic: slideplayer.info

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai cara membedakan hukum pidana dan perdata.

1. Dilihat Dari Pengertian

Perbedaan hukum pidana dan perdata pertama adalah bisa dilihat dari pengertiannya. Hukum pidana adalah serangkaian kaidah hukum tertulis yang mengatur tentang berbagai macam perbuatan yang dilarang dengan ancaman saksi tertentu. sedangkan hukum perdata yaitu sekumpulan aturan hukum yang mengatur tentang hubungan antara individu satu dengan individu lainnya. Biasnya hukum perdata ini buat kepentingan personal ataupun buat kepentingan individu

2. Dilihat Dari Pelaksanaan

Selain dilihat dari pengertiannya, perbedaan antara hukum pidana dengan hukum perdata juga bisa dilihat dari pelaksanaan. Biasanya pelaksanaan dari hukum perdata adalah baru akan di proses pengadilan setelah ada pengaduan dari pihak yang merasa dirugikan. Sedangkan pelaksanaan dari hukum pidana di proses pengadilan tanpa harus menunggu ataupun ada pengaduan dari pihak yang merasa diragukan.

3. Dilihat Dari Isi

Untuk mengetahui perbedaan antara hukum pidana dengan hukum perdata juga bisa dilakukan dengan cara melihat isi dari kedua hukum tersebut. Hukum pidana sendiri isinya yaitu mengatur hubungan hukum antara seorang anggota masyarakat ataupun warga negara dengan negara yang menguasai masyarakat. Sedankan isi dari hukum perdata yaitu mengatur hubungan hukum antara orang satu dengan orang yang lainnya. Biasanya dalam hukum perdata yaitu menitik beratkan dari kepentingan pribadi ataupun kepentingan perseorangan.

4. Dilihat Dari Penafsiran

Cara yang terakhir mengetahui perbedaan hukum pidana dan perdata adalah dilihat dari cara penafsiran. Hukum pidana sendiri biasanya penafisarannya hanya boleh dilakukan menurut arti kata di dalam UU pidana itu sendiri, ataupun mengenal penafsiran authentik. Sedangkan penafsiran hukum perdata yaitu memperbolehkan untuk mengadakan berbagai macam interprestasi terhadap UU hukum perdata tersebut.

Recommended For You

About the Author: redaksi

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *