Berkas Kreator Hoaks Surat Suara Dilimpahkan

Polisi menggiring BBP (tengah), tersangka kasus berita hoax saat Rilis berita hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, di Divisi Humas, Mabes Polri, Jakarta. Foto: Antara/Reno Esnir.

Jakarta: Penyidik siber Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) telah menyerahkan berkas perkara kasus hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos ke Kejaksaan Agung.  Ada dua berkas yang telah dilimpahkan. 

"Satu berkas BBP (Bagus Bawana Putra) dan satu berkas HY," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 18 Januari 2019. 

Dedi mengatakan berkas perkara dilimpahkan kemarin, Kamis sore, 17 Januari. Berkas pun telah diterima oleh jaksa. 

Sementara itu, terkait dengan dugaan aktor intelektual dan pendana masih didalami. Pihaknya masih mengumpulkan alat bukti.

Hoaks surat suara tercoblos sempat ramai di Twitter. Kabar itu menyebutkan adanya tujuh kontainer berisikan surat suara di Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Kotainer itu disebut berasal dari Tiongkok. Total surat suara pada 7 kontainer itu disebut sekitar 70 juta. Surat suara pun disebut tercoblos untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan isu itu adalah hoaks belaka. KPU dan Bawaslu kemudian melaporkan kasus ini ke polisi.

Baca: Berkas Perkara Hoaks Surat Suara Segera Dilimpahkan

Polisi kemudian menangkap tiga tersangka: HY di Bogor, LS di Balikpapan, dan J di Brebes. Ketiganya adalah penyebar aktif. Mereka tidak ditahan. 

Tak lama, kreator hoaks BBP ditangkap. Kemudian, polisi kembali menangkap buzzer berinisial MIK di Banten. 

HY, LS, dan J dibidik dengan pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman di bawah 5 tahun penjara. Sementara itu, Bagus dibidik dengan Pasal 14 ayat 1 dan 2 juncto Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun.

<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="https://www.medcom.id/embed/Dkqq00Zk" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Sumber: http://metrotvnews.com

Recommended For You

Avatar

About the Author: Portal Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *