Banjir di Nigeria Tewaskan Lebih dari 100 Orang

Seorang pria berada di tengah banjir di kota Lokoja, Nigeria, 14 September 2018. (Foto: AFP/SODIQ ADELAKUN)

Lagos: Lebih dari 100 orang tewas akibat banjir di Nigeria, yang sejak beberapa pekan terakhir dilanda hujan deras sehingga membuat dua sungai besar di negara tersebut meluap.

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) menyebut hujan badai di Nigeria sejak dua pekan terakhir telah membuat Sungai Niger dan Benue meluap.

Seperti dikutip dari kantor berita UPI, Selasa 18 September 2018, Direktur Jenderal NEMA Mustapha Maihaja mengingatkan banjir di beberapa wilayah bisa bertambah parah.

Area dekat dua sungai tersebut dinyatakan mengalami bencana nasional. Merespons musibah ini, Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengumumkan bantuan dana USD8,2 juta atau setara Rp121 miliar.

Banjir terbaru di Nigeria telah membuat ribuan warga mengungsi. Lahan pertanian di wilayah tengah dan selatan hancur diterjang banjir.

Negara bagian Niger menjadi yang terparah dilanda banjir, dengan 40 kematian dilaporkan sejauh ini. Lojoka, kota di muara sungai di negara bagian Kogi, juga dilanda banjir.

Badan Pelayanan Hidrologi Nigeria mengingatkan bahwa bencana banjir saat ini dapat menjadi lebih parah dan mirip dengan situasi di tahun 2012. Kala itu, 363 orang tewas dan lebih dari 2 juta lainnya kehilangan tempat tinggal.

Banjir hampir selalu menerjang Nigeria pada setiap tahunnya. Buruknya tata kota serta sistem drainase di Nigeria menjadi dua faktor utama yang memicu banjir saat badai atau musim hujan.

source: http://internasional.metrotvnews.com

Recommended For You

About the Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *