Apa Pengertian Pendidikan Karakter Secara Umum

PortalKepri.com –¬†Pengertian Pendidikan Karakter secara umum merupakan konsep dasar yang diterapkan dalam pikiran dan akal manusia yang akan menjadikan terbentuknya akhlak serta budi pekerti. Pemikiran ini menjadikan akhlak jasmani maupun rohani serta budi pekerti menjadi berarti dan dapat mengurangi krisis moral dalam hidup ini.

Apa Pengertian Pendidikan Karakter Secara Umum
Pengertian Pendidikan Karakter. image by schooleducationgateway.eu

Selain itu pendidikan karakter merupakan penanaman karakter seseorang dengan cara dididik, entah itu melalui pendidikan secara formal maupun pendidikan melalui lingkungan. Karena pendidikan karakter ini dapat diperoleh di mana saja.

Waktu Penerapan pendidikan Karakter

Pendidikan karakter harus diterapkan sejak dini karena usia dini merupakan masa pembentukan karakter seseorang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Namun bukan berarti pendidikan karakter hanya di lakukan saat usia dini, pendidikan karakter harus tetap diberikan hingga remaja bahkan dewasa.

Pendidikan Karakter Secara Umum Dan Khusus Serta Pentingnya Pendidikan Karakter

Secara umum persoalan mengenai pendidikan karakter bukanlah hal baru. Istilah pendidikan karakter sendiri sebenarnya telah ada sejak manusia mampu menangkap dan memahami beberapa pelajaran dalam hidupnya. Namun terdapat pendapat juga bahwa pendidikan karakter lahir bersamaan dengan istilah pendidikan.

Secara khusus pada sistem pendidikan negeri ini terdapat mata pelajaran yang sangat menekankan dan mempelajari tentang akhlak, budi pekerti, agama, Pancasila, kenegaraan, dan masih banyak lainnya. Selain itu pendidikan karakter selalu diajarkan oleh semua guru mata pelajaran, bukan hanya mata pelajaran agama dan pendidikan kewarganegaraan.

Saking pentingnya, pendidikan karakter ini selalu diajarkan oleh semua guru ketika sebelum pelajaran utama dimulai dan ketika pelajaran telah berakhir. Pemerintah juga selalu berupaya menangani dan memperbaiki pendidikan karakter seluruh masyarakatnya.

Secara Akademik

Pendidikan karakter secara akademik merupakan pendidikan nilai, budi pekerti luhur, pendidikan watak dan tujuan hidup, pendidikan moral. Pendidikan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menanamkan berbagai karakter positif peserta didik.

Dalam pendidikan khusus yang mempelajari karakter yang lebih sering dipahami dalam dunia psikologis, pendidikan karakter mencakup dimensi moral feeling, moral reasoning, dan jugamoralbehaviour.

Demikian artikel mengenai pendidikan karakter terutama pengertian pendidikan karakter secara umum. Dengan memahami isi artikel ini pastinya menambah wawasan pembaca mengenai pendidikan karakter dan juga pentingnya pendidikan karakter.
Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu pembaca, terimakasih. (Tim Redaksi)

Recommended For You

About the Author: redaksi

Tim Redaksi. Segala macam informasi yang telah diposting bersumber dari wartawan, editor maupun para penulis internal dan penulis lepas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *